Wing pesawat
wing
merupakan bagian terpenting dari suatu pesawat, karena wing
menghasilkan lift (gaya angkat) ketika bergerak terhadap aliran udara
karena bentuknya yang airfoil.
Selain
sebagai penghasil gaya angkat, pada kebanyakan pesawat saat ini juga
sebagai fuel tank (tempat bahan bakar) dan tempat bergantungnya engine.
Sebelum mempelajari wing dan apa saja yang terdapat pada wing, mari kita pahami dulu dalam bentuk gambar :
•
Leaading edge; merupakan bagian depan dari wing yang pertama terkena
aliran udara. Pada pesawat-pesawat besar umumnya di leading edge juga
terdapat leading edge flap.
• Trailing edge; merupakan bagian belakang dari wing, dimana terdapat aileron, aileron tab, dan flap.
• Wing root; merupakan bagian wing yang melekat pada fuselage.
•
Wing tip; merupakan bagian wing yang paling jauh dengan fuselage atau
bagian paling ujung dari wing. Pada wing tip biasanya terdapat tambahan
berupa winglet atau wing tip tank pada jenis pesawat tertentu.
Pada
pesawat-pesawat kecil wing umumnya hanya dilengkapi dengan aileron,
spoiler dan flap. Hal itu dinilai cukup karena beban kerja pilot dan
mekanismenya pun tidak terlalu berat.
Namun
lain halnya dengan pesawat besar, tanpa adanya bidang-bidang kendali
tambahan akan menjadikan pesawat uncontrollable atau sulit sekali bahkan
mungkin mustahil untuk dikendalikan.
Nah..ini dia gambarnya :
control surface :
1. Winglet, merupakan bidang tambahan pada pesawat-pesawat tertentu untuk mengurangi terjadinya turbulensi pada wingtip.
2.
Low-speed aileron, sebagai kemudi gerak bank dan roll dalam kondisi
gerakan pesawat yang lambat atau dalam kondisi terbang dimana hanya
dibutuhkan sedikit bank.
3.
High-speed aileron, aileron ini digunakan dalam kondisi dimana
memerlukan respon gerak yang cepat dari aileron terhadap pergerakan bank
pesawat.
4.
Flap track fairing, adalah batang/fairing yang dipasang untuk jalan
atau track dari flap agar ketika flap itu dikeluarkan maka akan
mengikuti tracknya.
5.
Kruger flaps, yaitu flap yang tereletak pada leading edge, yang
fungsinya sebagai penambah luas sayap dan memperbesar lift namun juga
sekaligus memperbesar drag.
6. Slats, merupakan flap yang terletak di leading adge dengan fungsi yang sama.
7. Three slotted inner flap, flap yang letaknya mendekati wing root.
8. Three slotted outer flap, flap yang letaknya mendekati wing tip.
9.
Spoilers, fungsinya ialah untuk merusak lift, dalam artian digunakan
biasanya pada saat setelah landing untuk mengurangi lift.
10.
Spoilers-air brakes, yaitu spoiler yang berfungsi mengurangi lift dan
memperbesar drag sehingga pesawat seperti di rem karena gerak pesawat
tertahan oleh drag yang dihasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar